Menu
Blog yang membahas seputar dunia Teknologi Informasi (IT)

Cara Mengatasi Windows Yang Lelet/Lemot

  • Share

Aktivitas manusia menggunakan laptop/komputer merupakan sebuah aktivitas yang sangat sering kali dijumpai saat ini, dimana pekerjaan pun sekarang sudah tergantung dengan teknologi, jangankan pekerjaan membuat web/blog, bahkan untuk sekedar belanja kebutuhan dapur pun sekarang sudah bisa menggunakan laptop/komputer, bahkan bisa juga dengan menggunakan smartphone yang biasa kita gunakan, betapa sangat canggih nya kehidupan kita sekarang.

Tapi dibalik kecanggihan ini, maka kecepatan adalah suatu kebutuhan yang mutlak harus terpenuhi, tidak mungkin kita berada dalam kondisi teknologi yang sangat maju, tapi mengabaikan kecepatan untuk menunjang atas terpenuhinya kebutuhan kita, di samping canggih, kita juga pun perlu cepat dalam melakukanya, maka dari itu disini it-corner.web.id akan memberikan beberapa tips agar komputer/laptop yang kamu gunakan bisa bekerja cepat dan maksimal sesuai dengan spesifikasi komputer/laptop yang kamu miliki, hal pertama yang akan saya bahas adalah riwayat /histoty.

Aktivitas setiap hari  pada komputer/ laptop yang kita gunakan sangatlah banyak, sehingga kita tidak menyadari bahwa riwayat/history tersebut semakin menumpuk pada disk penyimpanan kita dan akan membuat komputer/laptop kita kecepatanya semakin menurun, Jika kamu pengguna windows dan ingin menghapus riwayat aktivitas, bisa mengikuti cara menghapus riwayat aktivitas di Windows berikut ini.

3 Cara Menghapus Riwayat Aktivitas Di Windows

Menghapus riwayat aktivitas pada laptop kamu tentu akan membantu proses program laptop menjadi lebih ringan dan cepat. Karena biasanya laptop yang lambat disebabkan karena banyaknya riwayat aktivitas di dalamnya.

Untuk bisa menghapus riwayat aktivitas di windows sebenarnya gampang sekali, tapi masih banyak orang yang belum paham, untuk itulah simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Menghapus Lewat File Prefetch

Ini merupakan cara menghapus riwayat aktivitas di Windows  yang pertama bisa kamu ikuti. Caranya cukup mudah sekali, pertama masuklah kepada menu File Explorer. Jika sudah masuk ke menu File Explorer kemudian pilihlah Local Disk C.

Setelah masuk ke local disk C maka pilihlah folder windows, jika sudah masuk ke folder windows maka selanjutnya adalah masuk ke dalam folder prefetch. Nah di dalam prefetch terdapat banyak sekali file, hapuslah semua file tersebut.

Ketika cara ini sudah kamu lakukan, maka otomatis data riwayat aktivitas kamu di windows akan terhapus. Hal ini yang akan menjaga windows tetap aman dan nyaman untuk digunakan.

Menghapus TEMP

Banyak orang yang menganggap jika laptop yang lemot akibat dari laptop yang sudah jadul dan atau akibat rusaknya suatu sistem di dalamnya. Tapi sebenarnya tidak demikian, ketika laptop lemot telitilah file-file di dalamnya, kebanyakan file juga akan menyebabkan laptop lemot.

Untuk itulah kamu perlu menghapus datanya tersebut, agar laptop kembali normal. cara menghapus riwayat penggunaan aplikasi windows pada windows bisa menggunakan TEMP. Pertama klik pada menu start, kemudian ketikkan kata Run pada kolom pencariannya.

Setelah itu kliklah pada aplikasi Run, kemudian setelah itu akan muncul kolom pencarian maka ketikkan “%temp%“. Setelahnya klik ok, lalu akan muncul banyak sekali folder atau file hasil aktivitas yang kamu lakukan, baik di internet atau pada aktivitas biasa laptop.

Cara untuk menghapusnya cukup mudah, silahkan kamu tekan Ctrl+A (tandai semua) lalu kamu klik Shift + Delete pada keyboard, dengan melakukan seperti itu maka semua file riwayat yang ada di folder temp tadi akan terhapus.

Menghapus Riwayat Aktivitas

Cara terbaik untuk kamu lakukan agar tidak ada lagi riwayat aktivitas sehingga laptop akan aman dan juga enteng dalam menggunakannya. Cara menghapus riwayat aktivitas laptop yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengklik tombol menu start.
Setelah itu maka pilihlah menu settings, agar kamu bisa masuk ke jendela atau menu windows settings. Jika sudah maka akan muncul beberapa icon, dan kamu harus memilih icon privacy.
Pilih menu privacy
Pada menu ini pastikan kamu berada di menu Activity History yang ada di bagian Windows Permissions.
Di menu Activity History tinggal kamu klik tombol “Clear” pada bagian Clear Activity History.
Menghapus riwayat aktivitas di windows
Kemudian akan muncul pop up pemberitahuan bahwa akan menghapus semua riwayat aktivitas yang ada, kamu klik saja “Ok” maka semua riwayat aktivitas akan terhapus.
Klik ok untuk konfirmasi penghapusan
Setelah di hapus maka laptop yang kamu gunakan semakin cepat dan tidak lemot lagi.

KESIMPULAN

Nah itulah cara menghapus riwayat aktivitas di windows agar performa komputer/laptop kamu bisa kembali seperti semula, semoga apa yang sudah dijelaskan diatas bisa bermanfaat, Selamat mencoba.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *