Menu
Blog yang membahas seputar dunia Teknologi Informasi (IT)

Cara Menambahkan Breadcrumb Menggunakan Plugin Rank Math

  • Share

Jika Anda baru mulai membuat website, istilah breadcrumbs bisa jadi masih sangat asing. Tapi Anda tak perlu hawatir, Pada kesempatan kali ini it-corner.web.id akan memberikan sedikit catatan untuk Anda ketahui tentang apa itu breadcrumbs.

Apa Itu Breadcrumb?

Breadcrumb adalah salah satu elemen yang penting dalam website yang berfungsi untuk menunjukkan letak spesifik sebuah halaman website, cara kerja breadcrumbs bisa Anda samakan seperti alamat. Ia berguna untuk menunjukkan letak sebuah halaman diambil dari menu navigasi sebuah website, bahasa sederhananya Breadcrumb adalah alat bantu navigasi yang menunjukan lokasi artikel yang sedang dikunjung atau di baca. Ada cerita bahwa istilah breadcrumbs ini diambil dari cerita anak, Hansel and Gretel. Di mana Hansel meninggalkan breadcrumb trail atau remahan roti di jalan sebagai petunjuk jalan untuk pulang dari hutan.

Apa Fungsi Breadcrumb?

Breadcrumbs adalah bagian yang sangat penting pada blog karena bisa berfungsi sebagai navigasi kedua setelah menu utama. Fungsi ini memudahkan pengunjung untuk menjelajah website sehingga dia bisa mengetahui dengan mudah posisi halaman yang dia baca pada sebuah blog. Dan yang paling penting pengunjung tak perlu mengulangi navigasi dari awal untuk menemukan artikel dengan topik yang sama pada website. Ia hanya perlu mengklik breadcrumbs untuk kembali ke halaman yang sebelumnya diakses, dengan seperti itu kita sudah bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi si pengunjung blog.

Perlu Anda ketahui juga bahwa breadcrumbs berguna untuk mengoptimalkan SEO website Anda. Hal inilah kenapa hampir semua bloger memilih atau menggunakan fitur ini pada blognya karena akan berpengaruh ke ranking di search engines (mesin pencarian) dan pengunjung pun akan merasa suka berkunjung ke blog Anda. Ketika konten tersebut dianggap relevan oleh user, maka posisinya di mesin pencarian pun akan semakin naik.

Cara menampilkan Breadcrumb?

Untuk mengaktifkan broadcrumb di website berbasis WordPress sangatlah mudah, Anda bisa mendapatkan fitur Breadcrumb ini langsung dari tema yang digunakan, jika memang fitur itu sudah disediakan oleh sipembuat tema, tapi jika tema yang kamu gunakan tidak terdapat fitur tersebut, kamu bisa memilih untuk menginstal plugin SEO seperti Yoast SEO atau Rank Math, Tema yang saya gunakan pada blog ini adalah tema Generatepress, jadi artinya kita akan melakukan praktek langsung dengan menggunakan tema ini.

Cara Menambahkan Breadcrumb Menggunakan Plugin Rank Math?

Sangat mudah buat kamu yang ingin menambahkan breadcumb dengan menggunakan plugin Rank Math. Silahkan instal plugin Rank Math pada blog/website Anda, selanjutnya aktifkan fungsi breadcrumb pada plugin tersebut, untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Silahkan pilih menu Rank Math >> General Setting >> Breadcrumbs
  2. Selanjutnya geser kesebelah kanan tombol pada bagian Enable breadcrumbs function untuk mengaktifkan braedcrumb nya.
  3. Pilih pemisah braedcrumbs pada menu Separator Character, silahkan pilih yang Anda suka.
  4. Aktifkan Show Homepage Link dengan cara geser tombolnya ke sebelah kanan.
  5. Pada bagian Homepage label silahkan di isi dengan tulisan Home/Beranda.
  6. Bagian Homepage Link silahkan di isi dengan URL link blog Anda.
  7. Untuk pengaturan lainya silahkan dibiarkan saja seperti itu/default tidak usah dibuah-ubah.
  8. Selanjutnya klik tombol Save untuk menyimpan semua perubahan.

Setelah Anda melakukan beberapa perubahan pada pengaturan Rank Math, berarti Anda sudah setengah jalan dalam mempersiapkan breadcrumb, langkah selanjutnya adalam memasang Shortcode nya, untuk shortcode nya sudah pasti Anda lihat karena ada pada bagian atas pengaturan yang tadi sudah Anda lakukan tadi seperti ini :  <?php if (function_exists(‘rank_math_the_breadcrumbs’)) rank_math_the_breadcrumbs(); ?> silahkan copy shortcode tersebut dan ikuti langkah, langkah-langkah pemasanganya di bawah ini :

  1. Silahkan buka menu Appearanca >> Theme Editor
  2. Silahkan buka 2 file PHP (content-single.php, content-page.php) dalam kasus ini saya menggunakan Tema Generatepress ya, mungkin bisa berbeda file jika Anda menggunakan tema yang berbeda.
  3. Cari satu buah div yang memiliki sebuah celass inside-article. (<div class=”inside-article”>)
  4. selanjunya paste shortcode tadi tepat dibawah div tersebut.
  5. Silahkan ubah pada kedua file php yang saya sebutkan di atas.
  6. Jangan lupa untuk menyimpan/save setelah melakukan perubahan.
  7. jangan lupa untuk melakukan clear cache, karena terkadang ini yang sering menjadi kendala kenapa tidak terlihat perubahanya.

Setelah semua tahapan di atas sudah Anda lakukan, selamat berarti anda sudah berhasil menampilkan Bradcrumbs dengan baik dan benar, untuk membuktikanya silahkan aksess pada salah satu artikel yang ada di blog Anda, harusnya seperti pada gambar dibawah ini

Kesimpulan

Meskipun terlihat bisa aja dan tidak menampilkan sesuatu yang luar bisa pada tambilan Blog kamu, Breadcrumb sangat penting untuk Anda perhatikan, selain pengaruhnya untuk merapihkan navigasi, Breadcrumb juga punya pengaruh yang sangat besar pada SEO sehingga bisa membuat blog/website kamu berada di posisi paling atas pada pencarian Google.

Jika breadcrumb tidak tersedia pada tema yang anda gunakan, tidak usah khawatir, karena masih bisa menggunakan bantuan dari plugin SEO (Plugin Yoast atau Rank Math) untuk membuat dan menambahkan breadcrumb pada tema Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *