Menu
Blog yang membahas seputar dunia Teknologi Informasi (IT)

Apa yang baru di windows 11 ?

  • Share

Pada bulan juni ini sebuah perusahaan software raksasa yang bernama Microsoft sudah resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi (OS) terbaru yaitu Windows 11 pada Jumat (25/6/2021) yang mana kabar ini membuat semua orang ingin bisa segera menikmati fitur-fitur terbaru dari si windows 11 tersebut.

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru Microsoft yang menjadi generasi penerus Windows 10. Seperti semua versi sistem operasi sebelumnya, selalu ada perubahan-perubahan visual yang memanjakan mata. Salah satunya yang sangat mencolok pada Windows 11 adalah Start Menu dan icon taskbar yang bergeser ke tengah, kalau dilihat-lihat mirip seperti tampilan mac OS.

Selain tampilan taskbar, ada beberapa perubahan lain yang sangat layak untuk diapresiasi karena dapat meningkatkan produktivitas pengguna, jadi tidak hanya aspek visual saja yang diperhatikan. Contohnya adalah peningkatan fitur Snap yang bisa menampilkan semua jendela yang terbuka secara berjajar. Tentunya masih sangat banyak fitur terbaru yang belum kita ketahui tapi pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan beberapa fitur terbaru yang dibawa oleh si windows 11 ini yang saya ketahui dari beberapa artikel di internet yaitu diantaranya adalah :

Xbox Game Pass

Kali ini Microsoft juga menghadirkan dukungan fitur Xbox Game Pass, Aplikasi Xbox Game Pass terintegrasi langsung di dalam platform sehingga pengguna tidak perlu repot-repot mengunduhnya lagi. Terdapat pula fitur cross play dan cross save yang membuat pengguna bisa beralih antara PC dan konsol Xbox. Dengan begitu, pengguna dapat mengakses layanan cloud tersebut secara langsung.

Auto HDR Gaming

Masih seputar gaming, Microsoft tampaknya ingin memanjakan para pengguna Windows yang juga merupakan gamer. Pasalnya, di Windows 11 mereka menghadirkan fitur Auto HDR Gaming. Fitur ini memungkinkan game non-HDR bisa ditampilkan dengan resolusi HDR di Windows. Microsoft berjanji akan membawa fitur Auto HDR Gaming ke lebih dari 1,000 game, termasuk Age of Empires Definitive Edition, Rocket League, Day Z, dan Doom 64.

Pembaruan pada Widgets

Beralih ke fitur selanjutnya yang berkaitan dengan tampilan Windows 11. Microsoft kembali menghadirkan Widgets di Windows 11 dengan pembaruan.  Selain bisa mengakses aplikasi lebih cepat, lewat Widgets kini pengguna juga bisa melihat berbagai info lain, seperti catatan, kalender, cuaca dan juga widget news feed yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menampilkan berita sesuai dengan topik ketertarikan pengguna, baik politik internasional, esports, berita lokal, dan lain-lain. Rangkaian widget Windows 11 ditempatkan di area transparan yang bisa dimunculkan dari sisi kiri layar dengan menekan sebuah tombol di taskbar.

Snap Layouts

Fitur selanjutnya yang juga masih berhubungan dengan tampilan Windows 11 adalah Snap Layouts. Dengan Snap Layouts pengguna dapat membuka aplikasi secara bersamaan. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menyesuaikan ukuran window dari masing-masing aplikasi secara otomatis. Windows 11 pun mampu mengingat aplikasi mana saja yang dibuka dan seperti apa susunannya dalam Snap Group yang bisa disimpan di taskbar, untuk dibuka dalam keadaan persis sama di kemudian waktu. fitur snap layout ini sangat membantu pengguna yang terbiasa bekerja dengan membuka beberapa jendela aplikasi sekaligus untuk multitasking.

Tablet Mode

Windows 11 menghadirkan pengalaman baru untuk pengguna tablet. Begitu perangkat laptop 2-in-1 diubah menjadi tablet, misalnya dengan mencopot keyboard, tampilan antarmuka Windows 11 otomatis akan ikut berubah. Deretan ikon menjadi berukuran lebih besar dengan jarak yang lebih lebar agar lebih mudah disentuh. Proses resize atau memindahkan jendela-jendela aplikasi pun dibuat jadi lebih gampang dengan animasi baru. WIndows 11 turut menambahkan gesture navigasi baru untuk perangkat layar sentuh, seperti sapuan dengan tiga jari ke arah samping untuk snap jendela, dan ke arah  bawah untuk minimize.

Microsoft Teams

Fitur baru selanjutnya di Windows 11 adalah Microsoft Teams yang terintegrasi. Layanan tersebut sudah tersedia secara langsung di Taskbar dan pengguna bisa mengaksesnya.Mulai dari chat, panggilan suara, hingga panggilan video dapat dilakukan pengguna lewat Microsoft Teams.

Taskbar dan Start Menu Makin Menawan

Bergesernya icon taskbar ke posisi tengah mungkin cukup kontroversial karena selain mirip mac OS, perubahan ini melanggar pakem Windows yang selama ini meletakkan icon taskbar secara berurutan mulai dari posisi sebelah kiri. Akan tetapi ternyata Microsoft juga menyediakan opsi untuk mengembalikan tata letak icon taskbar seperti biasanya, jadi pengguna yang tidak suka dengan perubahan desain tersebut bisa langsung menonaktifkannya.

Sudut-sudut jendela seperti jendela File Explorer dan Start Menu di Windows 11 juga tampak melengkung sehingga lebih sejalan dengan konsep Fluent Design yang diusung Microsoft, tidak seperti Windows 10 yang ujung-ujung jendelanya dibuat lancip. Selain itu hadirnya beberapa icon baru turut memperkuat pesona desain Windows 11 yang impresif dan menyegarkan.

Kalau semua itu masih kurang terasa menggigit, coba anda klik tombol Start dan intip tampilan dalamnya. Sekilas saja sudah terlihat sangat berbeda karena Live Tiles sudah tidak ada lagi. Yang ada hanyalah sekumpulan icon statis yang berukuran kecil dan dikelompokkan menjadi Pinned dan Recommended.

Multitasking Makin Nyaman

Selanjutnya, jika anda geser panah mouse ke tombol maximize pada sebuah jendela software, akan muncul kumpulan layout yang merupakan bagian dari fitur Snap untuk multitasking. Begitu anda klik salah satunya, ukuran jendela software akan diperkecil dan posisinya ditempatkan sesuai dengan layout yang anda pilih.

Dukungan untuk Aplikasi Android di Windows 11

Windows 11 bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android, Dalam event pengumuman Windows 11 yang diselenggarakan pada tanggal 24 Juni 2021, pihak perwakilan Microsoft menjalankan aplikasi TikTok pada OS tersebut sebagai bagian dari demonstrasi.

Berdasarkan keterangan Microsoft, aplikasi Android di Windows 11 dapat diakses lewat Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon Appstore, sayangnya tidak semua PC bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Android meskipun sudah menginstall Windows 11. Pasalnya, hardware yang digunakan harus sudah mendukung teknologi Intel Bridge.

Syarat untuk bisa install windows 11

Setelah kita mengetahui apa kelebihan dari windows 11 ada baiknya kita juga mengetahui tentang syarat bagaimana sistem operasi tersebut bisa kita gunakan pada komputer atau laptop kita, Windows 11 bisa dipasang di komputer atau laptop dengan prosesor (CPU) minimal dual core, dengan kecepatan minimal 1 GHz. Windows 11 membutuhkan minimal RAM 4 GB, dan sisa media penyimpanan (storage) 64 GB.

Meski demikian, ada satu syarat penting lagi yang harus dipenuhi sebuah perangkat yang akan dipasangi Windows 11, yaitu harus memiliki Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0. Lalu apa itu TPM?. Sederhananya, TPM adalah modul chip dalam sebuah perangkat PC yang bertugas untuk melindungi berbagai data yang tersimpan di dalam komputer atau laptop dengan sistem enkripsi. Artinya, apabila perangkat Windows 11 dicuri, pelaku yang tidak bertanggung jawab harus membobol sistem TPM terlebih dahulu apabila ingin membuka berbagai file yang ada di dalam perangkat tersebut. Menurut Microsoft, TPM ini diperlukan untuk melindungi komputer atau laptop pengguna dengan sistem keamanan mumpuni berbasis hardware.

Komputer atau laptop dengan CPU yang berumur sekitar tiga hingga lima tahun, konon sudah banyak yang dibekali dengan chip tersebut. Namun, untuk memastikannya, pengguna bisa mengecek sendiri apakah perangkat PC mereka dibekali TPM atau tidak. Caranya adalah dengan menekan tombol “Windows” dan “R” secara bersamaan pada keyboard, atau mengetikkan kata kunci “Run” di menu Start. Lalu, masukkan perintah “tpm.msc” dan klik tombol “OK”. Setelah itu, akan muncul tampilan aplikasi sistem TPM Management. Kemudian, perhatikan baik-baik kolom bertajuk “Status”. Apabila kolom tersebut mengatakan “The TPM is ready for use”, maka komputer pengguna dipastikan memiliki TPM,

Versinya sendiri bisa dilihat di kolom “TPM Manufacturer Information“, tepat di bagian “Specification Version” di bagian kanan bawah yang harus menunjukkan versi “2.0”. Namun, apabila kolom Status tadi mengatakan “Compatible TPM cannot be found“, maka komputer pengguna tidak dibekali dengan TPM atau chip tersebut dinonaktifkan, sehingga Windows 11 tidak akan bisa dipasang. Kabar baiknya adalah, jika Anda memiliki prosesor dengan usia tiga hingga lima tahun terakhir, ada kemungkinan Anda dapat mengaktifkan TPM melalui UEFI BIOS. Caranya sendiri bervariasi tergantung merek perangkat tersebut, sehingga ada baiknya untuk menghubungi pembuat komputer atau laptop yang dimiliki.  Selain melalui TPM Management, pengguna juga bisa dengan mudah menginstal aplikasi PC Health Check dari Microsoft untuk mengetahui apakah perangkat bisa dipasang Windows 11 atau tidak.

Mungkin cukup sekian tulisan saya tentang apa yang baru di windows 11 dan juga saya lengkapi dengan syarat spesifikasi hardware yang harus dipenuhi untuk bisa menginstal si windows 11 tersebut di komputer/laptop kita.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *