Menu
Blog yang membahas seputar dunia Teknologi Informasi (IT)

Apa itu WordPress Plugins dan cara Instalasinya

  • Share

it-corner.web.id. Buat Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang apa itu plugins WordPress dan bagaimana cara instalasinya agar sesuai dengan kebutuhan, silahkan simak penjelasan lengkap saya pada postingan ini.

Apa itu WordPress Plugins?

Plugin adalah kode external yang dipasang di website WordPress bertujuan untuk melakukan fungsi tertentu. Dalam kalimat yang sederhana, plugin WordPress adalah secript tambahan yang ditambahkan ke situs dan memiliki fungsi untuk memodifikasi dan mengembangkan fungsi utama WordPress. Fungsi tambahan dari Plugin inilah yang membuat WordPress menjadi powerful untuk membuat Website. Ada begitu banyak jenis varian Plugins yang dapat ditambahkan ke WordPress Anda untuk menambah fungsi yang anda butuhkan. Setiap jenis varian Plugins memiliki fungsi spesifik yang berbeda antara satu plugin dengan yang lainnya, pilihlah pelugin yang memang kamu butuhkan saja, semakin banyak plugin yang Anda gunakan namun tidak anda butuhkan itu malah akan emperburuk Website yang Anda kelola.

Sebagai contoh penggunaan plugin, jika Website Anda ingin memiliki fungsi seperti SEO, Cache atau bahkan keranjang toko online, form pemesanan atau kontak, ini buat Anda yang sedang membangun toko online, atau ingin mengetahui berapa jumlah pengunjung yang datang ke Website Anda, maka Anda perlu install plugin tertentu sesuai fungsi yang Anda inginkan. Proses intalasi plugin pun sangat mudah kurang dari 5 menit. sungguh sangat mudah bukan ?

Beberapa istilah lain untuk plugin, pada dasarnya banyak sekali yang memiliki fungsi yang sama adalah Add On atau Extensions. Istilah Add On dipakai pada Browser Firefox Mozilla sedangkan Extensions dipakai pada Browser Chrome. Add On dan Extensions memiliki kemampuan/fungsi yang sama dengan Plugins yaitu memberi fungsi tambahan.

Plugins WordPress itu Gratis atau Berbayar?

Kabar baik untuk kita semua adalah bahwa WordPress Plugins sebagaian besar adalah GRATIS. Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk mendapatkannya, perbedaanya adalah jika Anda menggunakan plugin yang gratis maka Anda akan mendapatkan fitur yang terbatas tapi jika Anda menggunakan plugin yang berbayar/premium maka Anda akan mendapatkan fitur yang lebih banyak dan tentunya lebih bisa memenuhi kebutuhan anda.

Terkadang banyak orang yang lebih memilih plugin yang gratis, kalau untuk coba-coba dulu sih silahkan setidaknya Anda bisa melihat kekurangan dan kelebihanya berdasarkan kebutuhan anda tapi saran dari it-corner.web.id adalah jika memang plugin tersebut cocok, silahkan pilih opsi yang berbayar/premium.

Fungsi WordPress Plugins?

Kalau Anda bertanya tentang fungsi dari plugins pada website berbasis wordpress, pastinya anda sudah memiliki gambaran yang cukup jelas setelah membaca apa yang saya smpaikan di atas, namun akan saya ulang mungkin untuk lebih mengkerucutkan fungsi dari si plugins tersebut.

Sebagai mana yang kita ketahui WordPress adalah platform CMS (Content Management System) untuk membuat sebuah blog/website yang sederhana. Jika kebutuhan anda adalah ingin membangun website tersebut menjadi sebuah toko online maka anda perlu memiliki tambahan fitur untuk memenuhi semuanya, tidak hanya fitur sebagai sebuah blog/website, contohnya seperti fitur e-commerce, pemesanan dan kontak sampai admin area enhancement, dan disinilah pran plugins itu sangat anda butuhkan. Plugin memperbolehkan Anda untuk menambahkan berbagai fitur baru sesuai yang anda butuhkan Anda.

Bagaimana cara install Plugin pada Website WordPress?

Kurang lebih ada 50.000 plugin di direktori plugin resmi WordPress.org dan semuanya dapat diunduh secara gratis! Ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini untuk menginstall plugin nya:

Ada 2 cara dalam tahap instalasinya.

  1. langsung install dari Halaman Dashboard WordPress
  2. Upload ke hosting melalui Dashboard WordPress

Untuk tahap 1 adalah Install langsung dari dashboard wordpress adalah seperti dibawah ini :

  1. Masuk ke Dashboard.
  2. Klik menu Plugin » Tambah Baru (Add New).
  3. Cari Plugins yang akan Anda install pada kolom pencarian.
  4. Klik tombol Instal Sekarang.
  5. Lalu klik tombol Aktifkan.

Untuk tahap 2 adalah Upload ke hosting WordPress melalui Dahboard WordPress

  1. Masuk ke Dashboard.
  2. Klik menu Plugin » Tambah Baru (Add New).
  3. Klik tombol Upload Plugin
  4. Klik tombol Pilih File
  5. Cari dimana plugins yang akan Anda install (di lokal pc Anda)
  6. Lalu klik tombol Install Now (Instal Sekarang)
  7. Klik tombol Aktifkan.

Jika anda lupa pada saat selelsai instalasi tidak mengaktifkan plugin, maka anda bisa mengaktifkannya melalui tahapan-tahapan yang saya tulis di bawah ini :

  1. Masuk ke Dashboard.
  2. Klik menu Plugin.
  3. Cari plugins mana yang akan Anda aktifkan
  4. Setelah ketemu, klik text activate yang ada dibawah nama plugin tersebut

Jika anda sudah membaca, memahami dan melakukan apa yang sudah saya tulis di atas, maka Anda sudah mengenal lebih jauh dan lebih baik tentang apa itu plugins pada website berbasis WordPress dan juga sudah bisa melakukan install plugin dengan sangat mudah.

KESIMPULAN

Memalui tutorial yang saya tulid di atas berarti Anda sudah sangat baik dalam mencari pengetahuan tentang apa itu plugins, fungsi dan bagaimana cara memasangnya pada WordPress yang anda gunakan, jangan pernah ragu untuk bertanya dan melakukan hal lebih dari yang orang lain lakukan, Terimakasih.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *